Tidak selamanya sepatu baru itu bisa bikin nyaman. Misalkan saat Anda membeli sepatu pria ternyata tidak sesuai harapan. Mau dikembalikan ke toko sungkan. Mau dibuang sayang. Mau dikasihkan ke orang lain, apalagi. Anda tidak perlu berduka cita terlalu dalam. Ada caranya biar sepatu Anda berubah jadi nyaman. Serius? Yap! Kalau tidak percaya, coba simak cara-cara simpel ini.

  1. Tempel Bagian Tertentu dengan Moleskin

Barangkali Anda menemukan sepatu yang baru dipakai beberapa hari sudah ada tanda-tanda kerusakan. Seperti melepuh, mengelupas, atau robek. Gunting pada bagian itu kemudian tempelkan moleskin. Di toko sepatu biasanya ada moleskin. Tanpa harus minta bantuan Anda bisa sendiri, kok. Dijamin. Cara ini bekerja 100%.

Cara ini bekerja di area mana pun asalkan berada di dalam sepatu. Jika area di dalam sepatu Anda yang terkena, potong lingkaran moleskin dengan ukuran yang lebih besar daripada bagian yang rusak. Kemudian tempel. Atau Anda juga bisa pakai cara lain. Cukup tempelkan di telapak kaki Anda langsung. Pastikan persis di atas bagian yang rusak, ya.

  1. Lekatkan Anti Kaki Pecah-Pecah

Sepatu yang buruk juga bisa bikin kaki pecah-pecah. Kaki pecah-pecah tidak selalu dikarenakan tidak bersepatu atau bersandal. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa memakai anti friksi (pecah-pecah) secara langsung. Belinya di toko obat-obatan. Pasti ada. Selain akan melindungi kaki Anda, juga bisa bikin umur sepatu lebih panjang.

Anda tentu tidak ingin mengalami kaki bengkak, kan? Bengkak pada telapak kaki mulanya juga dari efek pecah-pecah. Kemudian areanya meluas hingga menganga lebar. Ada yang nekat menggunting atau mengiris bagian tersebut. Tapi itu sangat berisiko. Anda perlu bantuan dengan anti friksi agar semua baik-baik saja.

  1. Gunakan Anti Perspirant

Sepatu yang mudah rusak juga bisa disebabkan karena kaki Anda keseringan berkeringat. Dalam kasus ini mutlak lepas dari urusan dengan toko sepatu yang baru melayani pembelian Anda. Keringat dan kelembapan bisa menyebabkan kaki pecah-pecah. Sepatu juga bakal gampang rusak. Cara mengatasinya dengan melekatkan anti perspirant ke kaki Anda.

  1. Gunakan Alas Sepatu

Ada kebiasaan aneh di antara kebanyakan anak mudah sekarang. Dengan alasan biar gaul dan trendi, mereka ramai-ramai mencopot alas kaki serta kaus kaki. Jadi jalan-jalan di tempat ramai hanya pakai sepatu yang serba janggal dan aneh. Meskipun begitu, mereka tetap merasakan gejolak rasa bangga yang begitu absurd dan sulit untuk didefinisikan.

Tak tahunya, gara-gara perlakuan itu malah bikin kaki mereka lecet-lecet. Toh, meski lecet, mereka tetap bisa tertawa di antara kawanannya. Baru misuh-misuh setelah pulang dan mengadu ke Emak. Wah! Jadi, jangan sampai sembrono seperti mereka, ya. Alas sepatu itu gratis dan kalau beli secara terpisah harganya murah, kok. Pentingkan kenyamanan kaki Anda.

  1. Beri bantalan di Atas Alas Sepatu

Kalau kasus ini berbeda dari sebelumnya. Ada saja sebagian orang yang merasakan kaki masih sakit meski sudah ada alas sepatu. Cara mengatasinya dengan menaruh bantalan di atas alas kaki. Kalau kurang, taruh pula di samping masing-masing kaki. Begitu pula di belakang tumit dan depan jari. Dijamin, rasanya lebih empuk daripada sebelumnya.

  1. Atasi Sepatu agar Cocok untuk Kaki Tanggung

Ukuran kaki manusia memang unik-unik. Ada yang sesuai dengan ukuran yang dipasang oleh produsen sepatu. Ada pula yang tidak sesuai sama sekali. Kaki yang mengalami hal ini bisa disebut dengan kaki tanggung. Kekecilan nanti kaki sakit. Sedikit longgar, nanti mudah copot saat diajak jalan santai. Apakah ada caranya?

Kalau Anda terlalu sibuk untuk merekonstruksi ukuran sepatu pada ahlinya, ada cara lain. Sama seperti poin sebelumnya. Beri bantalan. Namun bantalan di sini tentu yang bisa melekat lebih lama. Sebab, sepatu itu akan Anda pakai hingga benar-benar rusak. Mungkin bisa pakai lem yang daya rekatnya tinggi. Tapi hati-hati, ya. Jangan sampai tangan Anda kena lem.

  1. Beli Kaus Kaki Spesialis

Kaus kaki yang biasa saja belum cukup kalau sepatu yang Anda pakai benar-benar merepotkan dan menyakitkan. Kualifikasi kaus kaki spesialis bisa dilihat dari tingkat perlindungannya terhadap kelembapan, keringat, dan lainnya. Dipercaya kalau Anda menggunakan kaus kaki ini, kemungkinan buruk yang menimpa sepatu dan kaki Anda akan lebih minim.

Ada beberapa kaus kaki terekomendasi yang bisa Anda praktikkan. Namun ini bersifat opsional yang artinya boleh dipakai atau tidak. Beberapa kaus kaki spesialis antara lain kaus kaki atletik, kaus kaki daya serap kelembapan tinggi, kaus kaki khusus pelari, kaus kaki yang fokus pada jari. Kaus kaki seperti ini sudah dirasakan kehebatannya oleh atlet ternama.

  1. Pilih Bahan Kaus Kaki Berkualitas

Sepatu yang sering dipakai pria dengan kaus kaki ada hubungannya. Hubungan khusus malahan. Seperti hubungan antara gula dengan semut. Mereka saling mengisi satu sama lain. Bahan kaus kaki yang buruk bisa menimbulkan kaki Anda tidak nyaman. Betul, kan? Ada beberapa bahan kaus kaki yang cukup diandalkan. Apa sajakah?

Mereka salah satunya dari katun. Bahan kaus kaki yang dari katun bisa mengangkat keringat yang timbul dari kaki. Sementara kaus kaki yang bahannya dari akrilik, poliester, dan polipropilene bisa membantu menyingkirkan keringat. Bahan-bahan itu bisa membuat kaki Anda tetap kering.

  1. Atasi Sepatu Bau

Sepatu sudah bau, belum lagi bikin sakit kaki. Kompleks betul, ya penderitaannya. Orang-orang juga pasti ogah berada di dekat Anda kalau bau sepatu masih dipelihara. Caranya agar baunya hilang bisa dengan menempatkan kantong teh celup ke ruangan sepatu. Jadi sewaktu-waktu kaki Anda berkeringat, bau yang keluar justu bau teh yang menyegarkan.

Cara ini juga hampir sama dengan menempatkan aroma lemon di dalam sepatu. Tidak selalu sepatu bau gara-gara tidak dicuci. Bisa jadi karena sepatu lembap gara-gara kena hujan atau keringat atau hujan keringat. Aroma tidak mengenakkan dari dalam sepatu memang cukup kuat. Tapi aroma lemon dan teh lebih kuat. Itulah kenapa cara ini benar-benar bagus.

  1. Lepas Sejenak saat Ada Tanda-Tanda Menyakitkan

Kalau sudah ada tanda menyakitkan, lebih baik lepas sejenak. Sekitar 5-10 menit saja. Cara ini bisa membuat sepatu Anda tahan lama. Kaki Anda juga bisa terhindar dari sakit akibat pemakaian sepatu terlalu lama. Kejadian yang seperti ini biasanya terjadi pada saat mendaki gunung. Maka dari itu, istirahat sejenak sangat diperlukan demi kesehatan kaki Anda.

Para pria pada umumnya tidak mudah ganti-ganti sepatu. Mungkin sudah sifat alamiah mereka yang tidak terlalu suka berbelanja. Tapi kalau sepatu Anda rusak parah, apakah itu berarti akan ada momen gantung sepatu? Tentu tidak, kan? Jadi dalam pembelian selanjutnya, pastikan beli sepatu pria terbaru, asli dan berkualitas. Berdasarkan rekomendasi dari orang-orang, bobobo.com memenuhi kualifikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *