Selama proses kehamilan menjaga kesehatan Anda sangat penting dilakukan demi terjaganya kesehatan bayi dan dapat melakukan persalinan secara normal. Menjaga kesehatan bisa Anda lakukan dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. Kesalahan makan akan menjadi penyebab Anda merasa kembung. Berikut penyebab kembung yang terjadi pada ibu hamil

  1. Produksi Hormon progesteron

Pada ibu hamil perut kembung dapat terjadi karena adanya produksi hormon progesteron di dalam tubuh. Produksi hormon progesteron yang berlebihan ini dapat menyebabkan otot dan sistem pencernaan Anda menjadi terganggu. Ketika proses pencernaan telah terganggu maka akan mengakibatkan perut Anda menjadi kembung

  1. Makanan dan Minuman

Ibu hamil memang mudah sekali mengalami perut kembung dan salah satu penyebabnya adalah makanan dan minuman. Makanan yang mengandung terlalu banyak fruktosa seperti daun bawang, biji-bijian utuh, pir, apel, dan makanan olahan siap saji. Anda perlu menghindari mengkonsumsinya dengan jumlah yang banyak.

Makanan yang berlemak juga menjadi penyebab terjadinya perut kembung pada ibu hamil akan
membuat proses pencernaan Anda menjadi lebih lambat. Jika Anda ingin makan daging pastikan untuk sebaiknya tidak memakan bagian yang berlemak.

Minuman yang berkarbonasi dan mengandung pemanis buatan yang jelas berbahaya bagi ibu hamil karena ada banyak kandungan gula di dalamnya. Anda disarankan saat hamil untuk mengonsumsi susu yang bebas laktosa atau bisa juga dengan mengonsumsi susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium.

Susu untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi dengan kandungan nutrisi tinggi bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan ibu dan anak. Toko yang bisa Anda kunjungi secara online adalah Orami yang sedang menawarkan diskon lebaran hingga 18% untuk produk susu yang tersedia.

  1. Stres

Stres juga dapat menjadi penyebab terjadinya kembung pada ibu hamil. Stres yang dialami dapat meningkatkan kadar asam lambung menjadi semakin tinggi sehingga membuat perut menjadi kembung. Bahkan stres dapat berisiko buruk kepada janin Anda karena itu ibu yang sedang hamil tidak boleh memiliki banyak pikiran dan juga tekanan.

  1. Janin Mulai Berkembang Besar

Mulai berkembangnya janin yang semakin besar di dalam perut menyebabkan perut Anda  tertekan sehingga terasa ketat dan kembung. Janin yang mengalami perkembangan juga akan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan pada ibu hamil sehingga Anda akan lebih sulit BAB. Kondisi ini tidak akan berlangsung lama hanya sampai bayi mendapatkan posisi nyaman.

Saat hamil melakukan kontrol dan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan atau bidan merupakan salah satu upaya yang penting. Anda bisa terus memantau perkembangan bayi dan mengkonsultasikan keluhan yang dialami sehingga bisa diatasi dengan cepat. Kenyamanan dan kesehatan Anda selama hamil akan selalu terjaga dengan pola hidup yang sehat dan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *