Jika dilihat dari segi fungsinya, sebenarnya fashdisk dan hardisk ini tidak memiliki hal yang bertolak belakang, dimana falshdisk dan hardisk berfunsgsi untuk menyimpan berbagai jenis data. Bahkan, keduanya ini nyaris saja tidak ada perbedaanya sedikit pun. Mengingat akan hal tersebut, tak heran jika banyak yang beranggapan bahwa flashdisk dan hardisk itu sama saja. Namun semua anggapan itu sama sekali tidak bisa dibenarkan, karena yang sebenarnya kedua komponen tersebut memiliki banyak perbedaan satu sama lainnya.

Terlepas dari semu hal itu, mungkin sebagian besar orang yang memiliki CPU tentunya sudah tidak asing lagi dengan flashdisk dan harddisk. Masing-masing kedua benda tersebut mengalami revolusi, dimana kualitas terdahulunya jauh berbeda dengan kualitasnya yang sekarang. Hal itu juga menjadikannya sebagai persaingan antara flashdik vs cloud storage, dimana keduanya akan saling sikut dari segi komersil. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, simaklah ulasan dibawah ini mengenai perbedaan antara flashdisk dengan harddisk :

Perbedaan

Secara fisik, flashdisk ini dikemas dalam bentuk mini atau portable sehingga kita bisa dengan mudah membawanya kemanapun kita pergi. Lain halnya dengan hardisk, dimana ia tidak bisa lepas dari CPU maupun Laptop yang memungkinkan kita sulit untuk membawanya. Dari sisi harga, hardisk ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga flashdisk.

Hal tersebut dikarenakan hardisk merupakan unsur paling penting pada spesifikasi CPU dan Laptop. Sedikit saja kerusakan yang terjadi pada harddisk, maka dampak yang dirasakan oleh CPU dan Laptop akan begitu terasa. Dilihat dari kapasitasnya, tentu hardisk jauh lebih unggul ketimbang kapasitas yang ada pada flashdisk.

Namun saat terkena virus, kita tidak perlu khawatir akan flashdisk karena dengan menformatnya ulang kembali, flashdisk tersebut akan tercipta lagi dengan keadaan semula. Lain halnya dengan hardisk, dimana kita akan dibuat repot pada saat ia terkena virus. Terlebih saat kita menyimpan data-data yang sangat penting didalam harddisk tersebut.

Persamaan

Seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan diatas tadi, dimana flashdisk dan harddisk ini fungsinya sama-sama untuk menyimpan dan memasukan berbagai jenis data ke CPU dan Laptop. Selain itu, falshdisk dan harddisk juga sama-sama rentan terkena serangan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *