Konsumerisme adalah suatu paham atau gaya hidup yang menganggap barang – barang terutama yang mewah adalah ukuran kebahagiaan, kesenangan dan sebagainya. Konsumerisme menyebabkan seseorang mempunyai gaya hidup yang tidak hemat sehingga jangan sampai ditumbuhkan dalam pola pikir masyarakat. Hobi berbelanja adalah salah satu kebiasaan kecil yang bisa menjadi awal mula terbukanya pintu – pintu perilaku boros. Adanya waktu luang yang berlebih juga bisa memicu seseorang mencari alternatif hiburan dan salah satunya adalah belanja.

Adanya sistem online shopping Indonesia yang semakin berkembang juga menjadi salah satu penyebab meluasnya akses berbelanja secara konsumtif. Dulu, seseornag yang ingin berbelanja harus menunggu hingga akhir pekan atau sedang ada waktu luang baru bisa menuju supermarket, departement store atau pusat perbelanjaan lainnya. Namun saat ini, ditengah istiharat makan siang atau jika ada waktu senggang 10 menit saja seseorang bisa langsung bertransaksi jual beli secara online dengan hanya menjentikkan jari.

Sistem online shopping Indonesia memang memberikan banyak manfaat terutama untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Namun, salah satu dampak negatifnya adalah jika tidak bisa mengendalikan diri, seseorang akan terjebak dalam perilaku konsumerisme. Jadi, sebagai konsumen yang sehat, lakukan beberapa langkah penghematan dan jangan terlalu sering membuka katalog online shop jika belum tentu bisa mengendalikan diri, terutama di tanggal muda.

Bagaimana cara untuk tetap bersikap hemat dan tidak konsumtif terhadap online shop?

Cara yang paling tepat adalah sesuaikan daftar belanjaan dengan jumlah pendapatan dikurangi tabungan. Jadi, menabunglah di awal bulan saat gaji masih utuh. Setelah itu, sisa dari pendapatan baru dipecah lagi menjadi kebutuhan – kebutuhan dasar dan tambahan yang dilist dalam daftar belanja. Bersikaplah jujur dan adil pada diri sendiri. Sesuaikan jenis pekerjaan dengan gaya hidup seharusnya.

Banyak orang yang menjadi konsumtif hingga sampai berhutang karena gaya hidup yang terlalu tinggi di luar batas kemampuannya. Jadi, jangan sampai terjebak dengan pola berbelanja yang salah. Online shopping Indonesia adalah bentuk perkembangan zaman dan tidak salah. Namun, perilaku manusialah yang harus lebih bijaksana dalam menyikapinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *